A. Zainal Mutaqin

Beranda » Artikel » Manajemen Informatika & Komputer » Seri Belajar Komputer untuk Anak Usia Dini; Buku 2 – PowerPoint for Kindergarten

Seri Belajar Komputer untuk Anak Usia Dini; Buku 2 – PowerPoint for Kindergarten

Statistik Blog

  • 208.305 Kunjungan

Arsip

Landasan

Allah -subhanahu wa ta'ala berfirman-, “Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?” (Q.S. Fushshilat: 33)
____________________________

Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda, "Barang siapa mengajak kepada suatu kebaikan, maka ia akan mendapat pahala seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun pahala-pahala mereka. Dan barang siapa yang mengajak kepada kesesatan maka ia akan mendapat dosa seperti orang yang mengikutinya, dengan tidak mengurangi sedikitpun dosa-dosa mereka." (H.R. Muslim)
____________________________

Al-Imam Ibnu Rajab al-Hanbali -rahimahullah- berkata, "Seandainya tidak boleh memberi nasehat kecuali seseorang yang terjaga (ma'shum) dari kekurangan, niscaya tidak akan ada seorang pun yang menasehati orang lain selain Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam-, karena tidak ada yang ma'shum kecuali Beliau." (Kitab Lathaiful Ma'arif, hal. 19)
____________________________

"Satu video dapat mewakili ribuan foto, satu foto dapat mewakili ribuan kata, satu kata dapat mewakili ribuan video. Tidak ada yang dapat mengalahkan kata-kata, terlebih ia adalah perkataan yang baik." (A. Zainal Mutaqin, Februari 2017)

COVER POWERPOINTOleh: A. Zainal Mutaqin

BISMILLAHI ‘rrahmani ‘rrahim. Segala puji bagi Allah –subhanahu wa ta’ala– yang telah memberikan karunianya sehingga buku ini dapat diselesaikan dengan baik. Shalawat serta salam kami haturkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad –sallallahu ‘alaihi wa sallam– Nabi yang mulia Nabi akhir zaman.

Seri pembelajaran komputer untuk anak usia dini ini terdiri dari 4 buah buku, yaitu; (1) Paint for Kindergarten, (2) PowerPoint for Kindergarten, (3) Word for Kindergarten, dan (4) Excel for Kindergarten. Dibuat bersama Suryo Prasodjo dan Yoedha Soewondo sebagai tim dari Yayasan Setia Balita TK Mini Pak Kasur.

Dalam penulisan buku ini, kami sedikit mengalami kesulitan referensi karena masih jarang sekali buku-buku yang membahas materi pembelajaran komputer untuk anak usia dini. Sehingga kami harus melakukan penelitian langsung kepada peserta didik untuk menguji materi-materi yang telah dibuat.

Seperti kita ketahui bersama, manfaat belajar komputer sejak dini sangat banyak, diantaranya; wawasan dan pengetahuan tentang teknologi komputer menjadi lebih luas, proses belajar lebih berkesan dan menyenangkan, meningkatkan daya kreatifitas dan imajinasi anak, melatih berfikir logis dan terstruktur serta membiasakan anak memecahkan masalah secara mandiri.

Maka dari itu kami menulis buku ini selain untuk mengejewantahkan manfaat-manfat tersebut, kami juga ingin membantu para orang tua dan guru dalam mengajarkan komputer kepada anak didiknya sedini mungkin.

Untuk buku pertama yaitu Paint for Kindergarten, merupakan landasan pertama bagi anak yang ingin belajar komputer, Karena di dalamnya terdapat materi pengenalan komputer dan fungsi-fungsinya untuk meningkatkan kemampuan kognitif, menggambar menggunakan program aplikasi Paint untuk melatih motorik halus dan penjelasan beberapa etika dalam berinteraksi dengan komputer sebagai penanaman nilai-nilai afektif pada anak.

Buku kedua yaitu PowerPoint for Kindergarten, merupakan lanjutan dari buku Paint for Kindergarten, di dalamnya terdapat materi pengenalan program aplikasi Microsoft PowerPoint dan fungsi-fungsinya, menggambar menggunakan PowerPoint baik berupa teks maupun gambar/photo, memilih template presentasi, dan mengelola efek transisi serta animasi. Berbeda dengan buku sebelumnya, pada buku kedua ini karya yang dibuat oleh anak menjadi lebih hidup dalam artian bisa bergerak dengan menggunakan efek-efek tertentu yang disediakan oleh program aplikasi PowerPoint.

Buku ketiga yaitu Word for Kindergarten, yang diperuntukkan anak-anak TK B semester ganjil,di dalamnya terdapat materi pengenalan program aplikasi Microsoft Word dan fungsi-fungsinya, menulis menggunakan keyboard dari huruf A sampai Z dan dari angka 1 hingga 10. Berbeda dengan buku sebelumnya, pada buku ketiga ini yang dititik beratkan bukan lagi menggambar, akan tetapi lebih kepada mengetik menggunakan keyboard baik huruf maupun angka.Diharapkan anak juga terbantu mengenal huruf dan angka serta dapat membantu mereka mengeja sebuah kata.

Buku keempat yaitu Excel for Kindergarten, yang diperuntukkan anak-anak TK B semester genap,di dalamnya terdapat materi pengenalan program aplikasi Microsoft Excel dan fungsi-fungsinya, menulis menggunakan keyboard dari huruf A sampai Z dan dari angka 1 hingga 10. Namun yang dititik beratkan penggunaan angka untuk sebuah perhitungan.Diharapkan anak juga terbantu belajar berhitung.

Jika kita lihat secara sekilas, maka program-program yang digunakan tampak berat dan terlalu dipaksakan. Namun jika kita lihat lebih dalam lagi, maka akan kita temukan bahwa materi-materi yang diajarkan di kelas benar-benar sudah dapat dicerna oleh anak dengan mudah sekalipun materi yang diberikan adalah Excel contohnya.

Tidak perlu khawatir, selain materi komputer yang terdapat pada keempat buku ini telah disesuaikan dengan tema-tema yang ada di kelas, Dalam penyajiannya pun kami buat skala prioritas yaitu dari yang paling mudah, agak sulit hingga sulit. Tidak sampai disitu, semua materi yang kita buat kita ujika terlebih dahulu kepada anak dalam kurun waktu 2 tahun. Karena kita tidak bisa menguji sekaligus dalam kepada anak dalam satu bulan misalnya. Akan tetapi kita uji seminggu sekali untuk satu bab/materi. Inilah salah satu penyebab mengapa penyusunan buku ini memakan waktu cukup lama, kurang lebih hingga 2 tahun.

Untuk teksnya kami menggunakan font style Arial dengan ukuran 8. Setiap lembarnya terdiri dari 2 bilah yaitu sisi kiri untuk para pendidik dan sisi kanan sebagai latihan untuk anak. Pada tiap babnya dijelaskan secara rinci hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran dalam satu pertemuan, seperti; tema yang berkaitan, cerita pengantar, lagu latar, dan game yang direkomendasikan sebagai cooling down pembelajaran agar anak tidak mudah bosan.

Selain itu kami juga memberikan penjelasan pada tiap bab tentang tujuan-tujuan pembelajaran, indikator keberhasilan, metode pengajaran berikut penejasan teknis cara mengerjakan latihan.

Dalam cetakan ke 2 ini, tidak ada perubahan besar untuk buku pertama, ketiga dan keempat. Perubahan yang signifikan hanya terjadi pada buku ke 2 yaitu PowerPoint for Kindergarten (untuk TK A semester 2) dimana materi sebelumnya adalah Paint for Kindergarten lanjutan, sedangkan yang cetakan sekarang materinya adalah program aplikasi PowerPoint.

Masih banyak hal yang belum kami sampaikan mengenai penjelasan keempat buku ini, sedangkan waktu dan tempat sangat terbatas. Untuk itu silahkan dilihat dan dipelajari secara langsung.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangan yang tidak berkenan di hati. Wassalam [kidiaindonesia]

Catatan:

Untuk mendownload contoh buku, silahkan klik link di bawah ini:

PAINT FOR KINDERGARTEN (dalam bentuk pdf)

POWERPOINT FOR KINDERGARTEN (dalam bentuk pdf)

Untuk mendapatkan buku ini dalam bentuk hard copy silahkan hubungi:

Kantor Pusat KIDIA Indonesia

Jl. Raya Pasar Minggu, Komplek Pokala No. 1, Jakarta Selatan.

0821 1280 2184 (Telp./SMS/WA)


11 Komentar

  1. maaf,apakah ada contoh buku powerpoint for kindergarten bentuk pdf nya?

    Disukai oleh 1 orang

  2. Anonim berkata:

    maaf,apakah ada contoh buku word dan excel
    for kindergarten bentuk pdf nya?

    Disukai oleh 1 orang

  3. dewiwahyuninst berkata:

    Mbak, boleh share seri pdf nya untuk anak saya

    Suka

Tinggalkan komentar

KONTAK

PIN BBM: 573c34be Phone/Sms/WA/Line: 0858 8037 3717

Kanal Youtube

Sosial Media

- My Instagram

Tidak ada gambar Instagram yang ditemukan.

– Follow Me

Pariwara

– CV. Vittory IT Solusindo

– Yayasan Sophia Al-Muttaqi

Chat Room